Senin, 23 Oktober 2023

Resume Riset Pasar


RISET PASAR 

RESUME BAB 3



 Pendahuluan  

Kajian kali ini bertemakan “ Riset Pasar ”. Kajian ini dilakukan karena melihat banyaknya masalah bisnis yang kurang berkembang. Realiatanya banyak para pebisnis yang baru mencoba memulai bisnisnya, dan kurang dalam pengetahuan mengenai riset pasar. 

Oleh sebab itu, riset pasar sangat membantu para pebisnis dengan banyak hal penting di dalamnya. Untuk masalah ini, penulis menggunakan teori informasi pengembangan dengan menggunakan wawasan yang lebih mudah dipahami untuk melihat beberapa realita di lapangan.

 1.  Pengertian Riset Pasar

    Pengertian pasar adalah suatu proses yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi tentang pasar dan konsumen.


2. Tujuan Riset Pasar

Tujuannya adalah untuk memahami preferensi konsumen, perilaku pembelian, tren pasar, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan bisnis. 

- Mengidentifikasi Peluang Bisnis, dengan salah satunya yaitu analisis SWOT

          - Mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran

          - Memantau pesaing dan tren pasar

          - Menilai potensi pasar untuk produk atau jasa baru.


3. Jenis-Jenis Riset Pasar

- Riset Pasar Primer

Riset pasar primer adalah data asli seperti survei, wawancara, pengamatan, dan eksperimen.

 

- Riset Pasar Sekunder

Berdasarkan data laporan sebelumnya, lalu diambil keputusan untuk menyususn sistem produk ataupun jasa


4. Metode Riset Pasar

- Survei : Mengumpulkan data seperti wawancara dan koesioner

- fokus kelompok : Diskusi konsumen dengan wawancara mendalam

- Pengamatan : Memantau langsung perilaku konsumen

- Analisis sekunder : Analisis dari data yang sudah ada

- Eksperimen : Menilai dampak tertentu perilaku konsumen.


5. Tantangan Riset Pasar

- Biaya dan waktu yang dibutuhkan

- Kesalahan pada pengumpulan atau analisis data

- Perubahan cepat dalam perilaku konsumen atau pasar

- Persaingan ketat industri riset pasar. 


6. Penempatan Pasar Yang Di Sasarkan

Hal Ini berkaitan dengan sebutan Positioning yang berarti strategi untuk merebut posisi di benak konsumen, sehingga strategi ini menyangkut bagaimana membangun kepercayaan, keyakinan, dan kompetensi bagi pelanggan. Positioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing.

Dalam penempatan ini terdapat faktor-faktornya yaitu :

- Lokasi Penjualan

- Demografi konsumen

- kebiasaan konsumen

- Daya beli konsumen.

Dari pembasahan ini tentunya berkaitan dengan riset pasar yang dilakukan dan memiliki tujuan, yakni sebaagai target pemasaran yang merupakan bagian penting dalam mengukur, meningkatkan dan menentukan potensi keberhasilan dalam membangun bisnis. 

 

7.  Penggunaan Bahan Baku Daur Ulang 

Sebelum membahas pada penggunaan bahan baku daur ulang, disini kita akan coba untuk mengenal produk ramah lingkungan yaitu produk yang dibuat tanpa memberikan dampak buruk bagi lingkungan karena pilihan bahan yang tidak berisiko buruk bagi lingkungan, dan tidak menghasilkan banyak karbon emisi. Salah satu konstribusi utama emisi karbon adalah pembakaran bahan bakar fosil, hal ini terutama didorong oleh kegiatan industri.

Ternyata riset pasar sangat berkaitan dengan penggunaan bahan baku daur ulang sebagai upaaya mengatasi masalah limbah tersebut dan mengatasi permasalahan lingkungan yang semakin meningkat dari para pemangku kepentingan, perusahaan telah meluncurkan program daur ulang sebagai salah satu inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang spesifik. Studi ini mengacu pada teori sinyal untuk mengembangkan hipotesis tentang bagaimana perusahaan dapat merancang dan memasarkan program daur ulang secara strategis untuk memicu reaksi konsumen yang positif. Dengan menggunakan pemodelan linear hirarkis dari survei data mengenai program daur ulang ponsel di berbagai merek, penelitian ini menemukan bahwa beberapa pilihan strategi dari program daur ulang (yaitu, program pembelian kembali produk, kenyamanan daur ulang produk, dan daur ulang kemasan) secara berbeda mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek, yang akibatnya mempengaruhi loyalitas merek .

Dengan adanya hal ini, menjadikan suatu peluang bagi sebuah usaha dengan memaksimalkan bahan yang ada lalu diolah dan dapat menjadi hasil baru yang menguntungkan. Kamu dapat melihat peluang yang sangat besar dari gambar dibawah ini.


 sumber : Kata data

 

8. Kesimpulan 

 Definisinya dari riset pasar adalah cara-cara yang berkaitan dengan situasi pemasaran tertentu, dengan mengevaluasi dan membuat keputusan baru.

Dari kedua jenis riset pasar yang sudah dibahas, riset pasar primer merupakan metode yang efektif untuk memahami target pasar dan konsumen . Melalui riset pasar primer, dapat  memperoleh data yang akurat tentang realita, kebutuhan, dan perilaku konsumen, sehingga  dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan bisnis. Meskipun riset pasar primer membutuhkan biaya dan waktu yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan data sekunder, manfaat jangka panjang yang dapat di peroleh jauh lebih menguntungkan.

Jadi menurut saya riset pasar adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis, dan melatih kita tentang bagaimana kita dalam memutuskan sesuatu, dan proses yang di dapatkan. Selain itu riset pasar sangat memberikan manfaat dan memberikan berbagai jalan peluang dalam keberhasilan bisnis.

 

Emirah Abu Dhabi

Tugas . P.T.I Resume bab 3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Evaluasi Ergonomi Metode REBA (Emirah)

Mengenal Serta Implementasi Metode REBA   Terhadap Pengurangan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Aktivitas pekerja pada dasarnya men...